Tips Dalam Memilih Sofa Yang Cocok Dengan Desain Rumah

May 30, 2020 by No Comments

Kursi merupakan salah satu furnitur utama yang bisa menghadirkan kesan berbeda pada tatanan desain interior rumah. Furnitur ini dapat diibaratkan sebagai furnitur yang memberikan jiwa, selain berfungsi sebagai tempat duduk, sofa juga bisa ditampilkan untuk pemanis dan menambah suasana ruangan agar tampil indah.

Banyak orang kesulitan dalam menentukan sofa ruang tamu. Apalagi jika ruang tamu yang dimiliki termasuk ruang tamu mungil yang memiliki lahan tidak terlalu luas. Dengan ukuran dan bahan yang beragam membuat Anda harus lebih cermat dalam memilih sofa dengan ukuran yang tepat sekaligus nyaman. Berikut beberapa tips memilih kursi untuk ruang tamu yang mungil.

1. Kenyamanan

Kenyamanan bisa dilihat dari berapa lama kita dapat duduk di sofa tersebut. Idealnya kita duduk disofa sekitar 15-30 menit. Apabila selama waktu tersebut kita merasa tidak nyaman, maka sofa itu bukanlah pilihan yang tepat.

2. Jenis Sofa / Kursi

Coba sofa jenis upholstery. Sofa jenis ini sangat cocok dan nyaman dipakai ketika menerima tamu. Terlebih kualitas dari sofa ini sangat kuat dan tidak mudah rusak. Sofa ini juga memberikan kenyamanan saat diduduki karena terdapat bantalan empuk.

kursi sofa

3. Model

Menyesuaikan gaya adalah faktor utama dalam hal visual, sehingga ruang tamu mungil tersebut bisa memberikan interor yang cantik dan enak dilihat. Jika keseluruhan ruang bergaya modern maka pilihlah sofa yang bergaya modern. Dan juga interior klasik dengan model sofa minimalis bergaya klasik. Anda bisa memadukan beberapa gaya agar tidak terlalu monoton. Agar terlihat harmonis, tentukan terlebih dahulu unsur-unsur penyatu antar ruang dan sofa. Unsur tersebut dapat berupa warna atau jenis material.

4. Warna

Memilih warna menjadi penentu dalam menciptakan tampilan yang menarik. Warna terang dan natural bisa Anda pilih untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu minimalis atau mungil. Warna yang senada antara kombinasi warna sofa dengan warna latar ruangan bisa menciptakan suasana yang mengalir, serasi, dan tenang.

Apabila menginginkan suasana yang dramatis, Anda dapat memilih warna komplementer dengan kombinasi lain yang menarik. Seperti sofa minimalis berwarna ungu yang dipadukan dengan latar biru muda, atau perpaduan warna abu-abu dengan merah sebagai aplikasi warna kompleks yang bisa memberikan kesan dinamis.

READ  Hal Penting yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Ngecat Dinding

5. Pola

Berhati-hatilah dalam memilih corak karena corak sofa yang mencolok atau lebih berat di ruangan yang kecil bisa memberikan kesan yang terlalu ramai dan kurang enak dipandang. Sebaiknya Anda memilih corak sofa yang menjadi focal point atau pemanis ruangan sehingga dapat memberikan kesan sederhana yang lebih natural.