Jadi Paving Block di Limapuluh Kota, Ini Bahan Uniknya

November 28, 2020 by No Comments

Sampah plastik lagi jadi permasalahan di sebagian wilayah buat diakhiri perlakuannya biar tak jadi sumber penyakit. Lumayan banyak pun yang memakai sampah plastik jadi suatu produk buatan yang bisa dipakai kembali lagi. Sama hal yang dilaksanakan Minda Riszana bersama pekerjanya Ramadhan di Gaduik, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat (Sumbar) berexperimen mengatur sampah plastik jadi paving block.

Disebut Minda, pemrosesan sampah plastik non-ekonomis itu udah dilaksanakan sejak 2017 lalu di area punya mitranya Saga Putra Syahrun di Kenagarian Batu Payung. Awalan dia cuma mengatur sampah plastik jadi produk berharga. Diakui dia, masihlah banyak sampah yang tidak bisa diproses serta bertambah menimbun pada tempat pemrosesannya.

Baca Juga :  paving texture

“Buat sampah plastik ini datang dari Kota payakumbuh serta Kabupaten Limapuluh Kota. Sempat memikir pengin diapakan sampah-sampah ini.Bertambah menimbun sebab tidak bisa dibakar atau dipendam. Lantaran diperlukan waktu yang lama biar sampah itu tergerai.” Tuturnya.

Agar dapat membuat sampah plastik jadi paving block siap gunakan, faksinya butuh waktu enam bulan. Tiga bulan awalan kapabilitas dari paving block dilaksanakan uji-coba. Dimulai dengan menjemur dicuaca panas, hujan serta lihat apa paving block banyak sekali lumut.

“Minyak serta oli pun kita teteskan ke paving block. Manfaatnya buat mencoba apa bakal remuk di saat hasil produksi ini dipakai buat area parkirkan. Bisa jadikan buat area parkirkan, sebab udah kita test,” ujarnya.

Seterusnya Minda berkata, faksinya anyar dapat produksi 100 paving block dalam 1 hari. Pertimbangannya cuma 2 orang pekerja yang kerja dengan struktur pemrosesan manual. Tidak hanya visi buat evakuasi bumi usaha ini penting diantisipasi. Paving block bikinannya udah terpasang di Halaman kantor Walikota Payakumbuh.

“Bila tanggapan penduduk bagus pada paving block ini, kedepan kita bakal olah dengan alat yang lebih mutakhir serta kekinian. Pastinya dengan mutu hasil produksi yang bagus,” susulnya.

Simak Juga :  harga paving

Dia mengakui waktu ini untuk membuat faksinya kekurangan bahan baku untuk membuat paving block. Dia pun mengharapkan penduduk buat ikut juga buat menghimpun semua ragam wujud sampah plastik yang ada di rumah tangga. Seperti plastik kantong ngeresek, sampo, diterjen serta yang lain. “Silakan saja jual ke kami, bakal kami membeli sebab diperlukan,” ucapnya.

READ  Yuk Intip Bentuk Interior Rumah Ala Amerika

Buat harga paving block faksinya waktu ini menempatkan harga Rp.180 ribu permeter. Dengan mutu baik, anti pecah, tahan lama serta anti lumut. “Dapat didaur ulangi. Seandainya merasakan kerusakan silakan antar ke kami kembali lagi, kami bakal buatin yang anyar. Diluar itu kami bersedia membikin sesuai sama impian,” tutup Minda.