Cegah Kebakaran, Dinas Perdagangan Kota Semarang Sidak Instalasi Listrik di Pasar Tradisional

August 1, 2020 by No Comments

Dinas Perdagangan Kota Semarang melaksanakan pemeriksaan tiba-tiba (Sidak) intalasi listrik di sebagian Pasar Tradisionil, Kamis (31/1/2019).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, sidak itu dikerjakan berkat terdapatnya kebakaran yang berlangsung Pasar Jatingaleh saat lalu.

“Kejadian kebakaran Pasar Jatingaleh berubah menjadi pelajaran bersamanya. Dikira yang menimbulkan kebakaran yang berasal dari interaksi konsleting. Kami meminimalkan yang menimbulkan kebakaran yang barangkali berlangsung gara-gara instalasi listrik yang kurang betul dengan sidak ini,” jelas Fajar disela-sela sidak di Pasar Langgar serta Pasar Karimata.

Ketika sidak, Dinas Perdagangan Kota Semarang mendapati 12 titik listrik penambahan di Pasar Langgar serta 11 titik listrik penambahan di Pasar Karimata.

“Banyak pedagang yang menaikkan sendiri instalasi listriknya satu diantaranya dengan mengalirkan arus lewat kabel serabut,” pungkasnya.

Terdapatnya hasil itu, ia menghimbau banyak pedagang tak memanfaatkan titik listrik penambahan buat kurangi efek bahaya kebakaran.

Ia memperjelas, pemanfaatan kabel serabut buat ambil saluran listrik tak dibolehkan. Paling tidak mereka mesti memanfaatkan kabel NYM 2×1,5 buat instalasi sekunder serta NYM 2×2 buat instalasi khusus.

“Pedagang memang dibolehkan menaikkan instalasi listrik di kiosnya akan tetapi mesti izin dinas,” tegasnya.

Ia menandaskan, tidak akan kecurian kejadian kebakaran mirip sama hal yang sudah pernah berlangsung di Pasar Waru pada 2014, Pasar Johar pada 2015, serta Pasar Jatingaleh barusaja ini.

Baca Juga : toren air

Ketua Persatuan Pedagang serta Layanan Pasar (PPJP) Karimata Wahyudi mengemukakan, bakal lekas melaksanakan pemasyarakatan terhadap pedagang.

Ia mengaku, sekian lama ini pemasyarakatan berkaitan pemanfaatan listrik memang jarang-jarang dikerjakan.

“Kami pun baru mengerti perihal pemanfaatan kabel sejenis itu lantaran buat pemanfaatan listrik memang swadaya semasing pedagang. Kami bakal lekas mengumpulkan relasi pedagang juga sekaligus menyosialisasikan peraturan begini lantaran sangat penting buat dimengerti berbarengan,” katanya.

READ  Tips Dalam Memilih Sofa Yang Cocok Dengan Desain Rumah