Cara Mendesain Ruang Tamu Yang Sempit

June 2, 2020 by No Comments

Memiliki ruang tamu yang kecil membuat beberapa orang kehilangan kesempatan untuk mencoba dekorasi ruang tamu menjadi stylish, elegan tapi tetap fungsional.

Namun, ternyata ruang tamu yang kecil justru lebih mudah untuk ditata dibandingkan dengan ruang tamu yang berukuran besar.

Menurut Divine, agar Anda tidak kehabisan ide bisa terapkan trik dasar agar bisa mendesain ruang tamu kecil Anda yang sederhana bisa nyaman dan fungsional.

1. Furnitur

Jika Anda menginginkan ruang tamu yang nyaman, hal sederhana yang perlu dilakukan adalah mengganti atau menambahkan furnitur Anda. Seperti jika Anda memiliki meja ruang tamu berukuran besar, sebaiknya Anda menggantinya dengan coffee table berukuran kecil agar terlihat simple dan elegan.

Pengunaan furniture sesuai kebutuhan cukup berperan penting. Hindari menggunakan furniture berukuran terlalu besar, cukup sesuaikan dengan space dan kebutuhanmu.

Gunakanlah furniture built-in. Karena desain disesuaikan dengan tata ruang dan seakan menyatu dengan dinding. Furniture built-in bisa berupa rak buku, yang juga didesain tak hanya menaruh buku, namun beberapa hiasan ataupun foto-foto.

2. Aksesoris

Untuk ruang tamu berukuran kecil sebaiknya dipercantik menggunakan aksesori berukuran kecil juga. Contoh Anda bisa menambahkan satu item yang mencolok namun elegan, dan tentunya memiliki fungsi.

desain ruang tamu

3. Dinding

Jika tidak ingin mengubah dekorasi perabotan rumah Anda, ada cara agar ruang tamu lebih terkesan elegan dan nyaman dengan memberikan lukisan pada dinding Anda. Selain mempercantik, lukisan seni tersebut dapat memberikan aura positif bagi setip orang yang melihat itu

4. Cermin

Cobalah pasang cermin di ruang tamu. Letakkan cermin di tembok dangan menghadap ke jendela. Tata letak ini bukan tanpa tujuan. Cermin menghadap jendela dapat  merefleksikan cahaya dari luar, terutama saat siang hari. Agar cahaya mudah masuk maka jangan halangi jendela dengan menggunakan gorden warna gelap.

Selain itu, fungsi cermin pada dinding juga bisa membantu agar tidak tumpang tindih dengan warna dinding yang berbeda.

5. Tanaman

Tambahkan tanaman hijau pada ruang tamu. Meski ruangnya terbatas, penambahan tanaman hijau akan menimbulkan suasana asri. Jika dilihat ruang tamu pun nampak terdapat taman kecil di sekitarnya.

READ  Garansi 15 Tahun , Baja Ringan PMP Ini Diimpor dari Vietnam