Capai Rp120 Ribu per Sak, Harga Semen di Dompu Terus Melambung

October 9, 2020 by No Comments

Kelangkaan semen di Dompu tambah mengkuatirkan. Karenanya tidak sekedar ketersediaan persediaan dari distributor yang minim. Namun harga per saknya terus membubung tinggi. Buat brand Tiga Roda misalkan, dari kenaikan Rp100 ribu/sak awal mulanya, saat ini membubung tinggi sampai Rp120 ribu/sak. Keadaan itu terus diresahkan beberapa entrepreneur toko bangunan. Seperti sama One, pemilik UD. Chamberra di Lingkungan Balibunga Kelurahan Kandai II.

Dia mengakui, gak berani menyetok semen tiga roda karena pasokannya begitu terbatas. Di toko bangunan punyanya cuma ada semen Brand Tonasa yang harga jualnya disinkronkan beban cost operasional. “Kita ecerkan nggak pastinya terkait ongkosnya. Jadi cost itu dipikul ke harga. Contoh saat ini semen Tonasa saya jual Rp78 ribu/sak dari Rp63 ribu/sak,” jelasnya.

Simak Juga : harga semen tiga roda

Gak cuma tinggi, buat peroleh semen brand ini mesti berebut dengan toko bangunan lain. Bahkan juga terpaksa menyogok ke pelaku distributor biar pengin mengelola dan arahkan truk pengangkut semen ke gudang punyanya. Praktek sesuai ini telah jadi rahasia publik serta dipraktekkan beberapa entrepreneur yang butuh bahan bangunan itu.

Oleh karena itu dikehendaki ada intrusi pemda dalam mengatur skema pendistribusian semen dari distributor ke entrepreneur. Terhitung meyakinkan persediaan yang dipasok sesuai sama tingkat kepentingan penduduk.

“Kita pengin maksa tampilkan ya kita dengan juga jalan yang macam-macam, minimalnya uang rokok, uang itu dll. Itu pun yang memaksakan kita saat ini mesti menaikan harga semen,” katanya.

Mengingat semen model lain tengah merasakan kelangkaan terpenting brand Tiga Roda, lanjut One, banyak entrepreneur saat ini berebutan semen Tonasa. Karena itu, sepanjang 3 hari paling akhir dia gak lagi menyiapkan persediaan semen buat costumer.

Artikel Terkait : parket kayu

Terpisah, entrepreneur UD. Al-Istiqomah, Ja-bar mengakui belumlah juga mengenal yang menimbulkan kelangkaan pajang satu diantara bahan bangunan ini. Akan tetapi yang pastinya buat semen brand Tiga Roda memang harga sudah tiba Rp120 ribu/sak dari kenaikan awal Rp100 ribu/sak. Sesaat buat brand lain masih pada rata-rata harga Rp70-Rp90 ribu/sak. “Cuman saja kita tampung di sini langsung habis bahkan juga tak ditawar-tawar oleh konsumen,” jelasnya.

READ  Tips Anti Karat Ini Ampuh Loh Buat Besimu

Sesaat Kabid Perdagangan Disperindag Dompu, H. Iskandar yang mengusahakan di dapati Nada NTB berkaitan hasil penyelarasan terakhir kalinya tersangkut permasalahan ini tidak sukses dijumpai di area kerjanya berkat sedang di luar wilayah.